Kamis, 08 November 2012

FUCOIDAN

BOSAN dengan jurnal jurnal yang harus dibaca, refreshing dulu, sambil nulis pengalaman,,hari ini I will tell about "FUCOIDAN". have u hear that name before..?

Fucoidan termasuk kelompok suplemen yang berasal dari rumput laut. Fucoidan ini diberikan sebagai terapi tambahan untuk pasien gastritis. fucoidan terdiri dari polisakarida sulfat yang diekstrak dari alga coklat. ekstrak dari alga coklat dikeringkan, dibuat serbuk dan dimasukkan ke dalam kapsul dengan dosis 200-600 mg.

Dua hari yang lalu, seorang pasien datang menghadap saya, bertanya tentang fucoidan. Pasien ini merupakan pasien setia saya yang selalu meminta pendapat saya ketika ia mengkonsumsi obat. Si bapak dengan umur lebih dari 70 tahun ini menderita sakit jantung, gastritis dan vertigo. si bapak baru aj pulang dari dokter spesialis penyakit dalam KGEH. si bapak di kasih obat Omeprazol, sukralfat syr, alprazolam dan fucoidan.  ya tentunya sebelum nebus obat si bapak nanya dulu sm saya tentang obat-obat tersebut. keesokan harinya si bapak datang lagi menemui saya dan bertanya apa efek samping obat yang digunakannya..?obat yang diminum si bapak saat itu adalah OMZ, dan fucoidan. setelah minum obat dia merasakan sakit di bagian pinggangnya. dan bertanya apakah ini efek samping obat yang ia makan. untuk menenetukan gejala yang timbul apakah merupakan sebuah efek samping bukanlah hal yang mudah. banyak hal yang harus dipertimbangkan, setelah saya wawancarai si bapak, dari obat yang digunakannya tidak ada yang mengindikasikan adanya efek samping sakit pinggang dari obat yang digunakan.

berikut adalah efek samping dari fucoidan.
1. alergi, walaupun jarang teteapi ini bisa berakibat fatal jika seseorang alergi terhadap fucoidan ini
2. antikoagulan, fucoidan ini memiliki efek antikoagulan seperti halnya heparin. obat ini bisa menurunkan tekanan darah, dan darah akan sukar membeku jika terjadi pendarahan
3. toksisitas: fucoidan 300 mg per kg berat badan per hari selama 6 bulan tidak menunjukkan efek smaping yang siginifikan. however jika diberikan dalam dosis besar  900-2500 per kg BB per hari menyebabkan efek samping yang berhubungan dengan sifat antikoagulannya.
3. pertimbangan lainnya: alga coklat dan sayuran laut lainnya  mengandung iodin. pada beberapa orang, intake iodin yang tinggi bisa menyebabkan goiter atau memperbesar kelenjer tiroid dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. beberapa suplemen yang diekstrak dari berbagai sayuran laut dan alga kemungkinan terkontaminasi oleh arsen, senyawa toksik yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

dari hasil penulusuran tidak ada obat yang dikonsumsi si bapak yang memiliki efek samping sakit pinggang. bisakah kita langsung mengatakan kalau itu bukan efek samping ..? tunggu dulu, obat yang telah dipasarkan belum semua efeknya terdeteksi. ingat saja kasus talidomid obat mual yang diminum para ibu hamil, menyebabkan banyaknya bayi yang lahir dalam keadaan cacat. obat yang telah dipasarkan perlu dipantau efek yang mungkin muncul (ini disebut Fase IV: uji yang dilakukan pada saat obat telah dipasarkan). 

di luar negri ada badan tempat kita melaporkan efek obat yang tidak diinginkan, contohnya seperti kasus di atas, si bapak yang mengalami sakit pinggang. dari pelaporan ini nanti obat yang telah dipasarkan akan di evaluasi lagi. kalau di Indonesia mungkin kita bisa melaporkannya temuan tersebut ke BPPOM. dari laporan tersebut bisa dilakukan penelitian kembali tentang efek yang timbul pad fase IV ini, jika efek ini tidak bisa di tolerir, mungkin obat ini bisa di tarik dari peredaran, sama halnya seperti talidomid yang di tarik dari peredaran untuk terapi mual dan muntah karena efek teratogennya. itulah pentingnya pelaporan efek yang tidak diinginkan dari obat yang sudah dipasarkan

Si bapak pada kasus ini termasuk pasien yang kritis, dia ingin tau obat yang dikonsumsinya untuk apa. pasien yang patut di contoh. jika anda ingin bertanya tentang obat, silakan tanya ke apoteker, saya sangat yakin, mereka akan dengan senang hati memberikan penjelasan. or U can Ask me.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Apakah ada artikel mengenai keamanan Fucoidan untuk pemakaian pd anak dan wanita hamil??
trimakasih.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.